Berita

Optimalisasi Zakat Fitrah Pada Lembaga Pendidikan dan Keagamaan Se-Kota Tangerang Selatan : Baznas Tangsel dan Kemenag Tangsel Jalin Sinergi

Tangerang Selatan, 29 Februari  2024 – Sinergitas Badan Amil Zakat Nasional Kota Tangerang Selatan dan Kemenag kota Tangsel menjalin sinergi untuk mengoptimalkan pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah 1445 H. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis, 29 Februari 2024 di aula Kantor Kemenag Tangsel yang dihadiri oleh 300 peserta, terdiri dari para Kepala Madrasah MI hingga MA, Kepala RA, Penyuluh Agama Islam, Majelis Taklim, dan staf kantor Kemenag Tangsel.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kota Tangerang Selatan, Mohamad Subhan, S.Sos menekankan pentingnya sinergitas dengan Kementerian Agama (Kemenag) Tangsel dalam mengoptimalkan zakat fitrah Ramadan 1445 H. Kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan dampak positif bagi lembaga pendidikan dan keagamaan, serta meningkatkan kemaslahatan masyarakat Tangsel.

“Sinergitas dengan Kemenag Tangsel menjadi kunci dalam mengoptimalkan zakat fitrah tahun ini. Kolaborasi ini merupakan upaya positif bagi lembaga pendidikan dan keagamaan untuk meningkatkan partisipasi dalam pengelolaan zakat,” ujar Subhan dalam sambutannya

Wakil Ketua 2 Baznas Tangsel Bidang Pendistribusian, Ahmad Rifai, mengungkapkan tujuan kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan koordinasi dan sinergi antara Baznas Tangsel dengan keluarga besar Kemenag Tangsel dalam rangka optimalisasi pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah di Kota Tangsel.

Kepala Kantor Kemenag Tangsel turut menghadiri Dedi Mahfudin bersama dengan Kasie Bimas Islam, Muhammad Edi Suharsongko, Kasi Penmad, Ade Sihabuddin, Kasi PHU, Rizki Waludin

Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Dedi Mahfudin, menghimbau seluruh Kepala Madrasah, Penyuluh, Kepala RA, dan keluarga besar Kemenag Tangsel untuk konsisten mensosialisasikan regulasi zakat kepada masyarakat Kota Tangsel.

“Zakat fitrah merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim yang mampu. Potensi zakat fitrah di Kota Tangsel sangat besar, namun realisasi pengumpulannya masih belum optimal,” ujar Dedi.

Lebih lanjut, Wakil Ketua 3 Bidang Keuangan dan Perencanaan, Tarjuni, menjelaskan bahwa Baznas Tangsel telah mengembangkan berbagai sistem dan aplikasi untuk melakukan monitoring bagi UPZ Masjid dan Yayasan.

“Baznas Tangsel telah mengembangkan berbagai sistem dan aplikasi untuk melakukan monitoring, seperti Aplikasi Menara Masjid BAZNAS yang memudahkan monitoring bagi UPZ Masjid dan Yayasan,” jelas Tarjuni.

Pendistribusian zakat fitrah harus dilakukan secara tepat sasaran dan akuntabel. Baznas Tangsel memiliki sistem dan prosedur yang ketat dalam pendistribusian zakat fitrah, sehingga dipastikan bahwa zakat fitrah yang terkumpul akan disalurkan kepada mustahiq yang benar-benar berhak.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah di Kota Tangsel, sehingga zakat fitrah dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Related posts

Jalin Sinergi dengan BPR Sehat Sejahtera Universitas Pamulang dalam Program Kurban Berkah BAZNAS Kota Tangerang Selatan 1445 H

Aprila Yutegi

Beasiswa Tahfidz untuk Siswa SMP/SMA di Kota Tangsel Diberikan dalam Peringatan Isra’ Mi’raj Pemkot Tangerang Selatan

Aprila Yutegi

Bank BJB KC Tangsel Salurkan Dana Zakat Profesi Karyawan Rp 15 Juta ke Baznas Kota Tangsel

Aprila Yutegi

Leave a Comment